Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Untuk Mengatasi Lemak Darah Tinggi~ Lemak atau lipid dalam darah seringkali digunakan untuk menamai trigliserida, namun karena ini istilah awam maka sebenarnya untuk segala jenis lipid seperti kolesterol juga masuk di dalamnya. Lemak dalam darah yang tidak normal disebut dengan dislipidemia.

indexlemakKurangi lemak jenuh dan lemak trans dan biasa ditemukan pada produk hewani, makanan cepat saji, makanan panggang, dan makanan kemasan dan olahan lainnya.
  • Dianjurkan konsumsi
  • Ditemukan dalam minyak goreng zaitun atau canola.
  • Makan lebih banyak buah dan sayuran
  • Sebagian besar kalori sebaiknya bersumber dari buah dan sayur
  • Hindari gula pasir
  • Konsumsilah protein ikan satu atau dua kali seminggu
  • Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan dapat membantu menurunkan kadar trigliserida Makan banyak serat.

Batasi total kolesterol dalam makanan hingga 200mg per hari.
Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Untuk Mengatasi Lemak Darah Tinggi

  • Salmon
Ikan air dingin seperti salmon, tuna, dan cod memiliki asam lemak omega-3 tinggi. Jika rajin dikonsumsi, maka dapat menurunkan trigliserida secara signifikan. Sejauh ini ikan terbaik adalah salmon. Suplemen minyak ikan juga bisa digunakan karena kaya omega 3. Ikan yang kaya omega-3 adalah beberapa jenis makanan terbaik yang dapat menurunkan lemak datah trigliserida dan kolesterol. Biji-bijian Ini termasuk roti, pasta, dan sereal yang terbuat dari gandum, dan beras merah.
  • Makanan yang berasal biji-bijian utuh kaya akan karbohidrat kompleks dan serat.
Biji-bijian utuh juga menyediakan beberapa protein dan umumnya rendah lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total. Kacang polong Kacang polong merupakan sumber protein nabati yang baik dan kaya akan serat. Jadi gunakanlah makanan ini sebagai pengganti untuk makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total. Flaxseed (Biji Rami) Kaya akan asam lemak omega-3, biji rami yang hanya dua sendok makan sudah mengandung hampir 133 persen kebutuhan harian omega-3. Namun konsumsilah biji rami ini setelah melalui proses penggilingan atau penghalusan agar efek menguntungkannya lebih mudah diserap oleh tubuh.
  • Minyak zaitun
Inilah minyak sehat dengan kadar trigliserida rendah pengganti lemak jenuh.Minyak zaitun membantu menurunkan kolesterol LDL ( kolesterol jahat) dan membantu menjaga kolesterol HDL (kolesterol baik). Namun, minyak zaitun dianggap tinggi kalori, jadi disarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari dua sendok makan sehari. Putih telur Berbeda dengan kuning telur, putih telur tidak mengandung kolesterol sehingga bisa dimakan secara rutin. Tapi Anda harus hati-hati dengan kuning telur, karena mengandung 215 mg kolesterol.
Terimakasih dan semoga bermanfaat

By : ranaherbal.com